Apa Itu RGB & CMYK???

oke gays pada kali ini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang RGB & CMYK pada sistem multimedia.oke langsung saja ke penjelasannya.

APA ITU RGB
RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.
RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti: peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.
Model warna ini merupakan model warna yang paling sering dipakai. Contoh alat yang memakai mode warna ini yaitu TVkamerapemindaikomputer, dan kamera digital.

KEGUNAAN  RGB

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

KELEBIHAN & KEKURANGAN  RGB

KELEBIHAN RGB ADALAH :
- Merupakan pilihan terbaik untuk layar
- Dapat beradaptasi pada pencetakan rumah atau kantor
- Memudahkan manipulasi warna pada layar ( Photoshop, dll )
- Dapat dikonversi ke CMYK ( melalui Photoshop, dll )

KEKURANGAN RGB ADALAH :
- Menurunnya level presisi warna pada konversi RGB ke CMYK

APA ITU CMYK

CMYK (adalah kependekan dari cyan(magenta), yellow(kuning), dan warna utamanya black(hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat kabar, pabrik surat kabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.

FUNGSI CMYK

Salah satu fungsi utama multimedia adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajaryang di tata dan diciptakan oleh guru.Menurut Hamalik dalam buku Media Pembelajaran mengemukakanbahwa pemakaian media dalam pembelajaran dalam proses belajarmengajardapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar,dan bahkanmembawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.Multimedia menurut Levie dan Lentz, mengemukakan empatfungsimultimedia pembelajaran, khususnya media visual, yaitu :a.Fungsi atensi media visual yang merupakan latihan, yaitu menarik danmengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajarandengan berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan / menyertaimateri pelajaran.

KELEBIHAN & KEKURANGAN CMYK

KELEBIHAN CMYK ADALAH :
- prosesor pencetakan offset
- Warna yang lebih jernih pada kertas cetak biru-putih
- Warna yang lebih lembut pada kertas putih-krem

KEKURANGAN CMYK ADALAH :
- Biaya yang tinggi

PERBEDAAN RGB & CMYK
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

Oke gays mungkin itu saja yang dapat saya berikan sekian dari saya

'Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download FFMPEG

ok gays kali ini saya akan share apliakasi FFMPEG nah langsung saja ke penjelasannya.  FFmpeg adalah program komputer yang dapat merekam,...